TV LG mati total standby

tv lg mati standby.

oleh :mahdar

servis TV hidup sebentar , sebelum keluar sinar sudah stanby kembali , kerusakan ini memang sukar diterka letak kerusakan nya .

Untuk mengatasi kerusakan ini coba anda putuskan teg Vcc rangkaian demi rangkaian , misalnya rangkaian suara , coba anda hidup kan tanpa rangkaian suara bila hidup berarti rangkaian tersebut ada kerusakan .

Anda harus mencoba putuskan satu persatu rangkaian sehingga anda berhasil .insya ALLAH berhasil..

Ini pengalaman saya sewaktu saya sedang servis TV LG , saya putus kan kabel yoke untuk bagian horizontal lalu saya hidupkan ternyata hidup tapi ada garis putih dari atas ke bawah yang menandakan hubungan yoke horizontal terputus , begitu saya cek memang benar ada salah satu condensator yang volt nya besar 2 KV putus dekat flyback lalu saya ganti langsung dan saya sambungkan kembali kabel yoke yang saya putuskan tadi .

saya hidupkan TV LG tersebut ternyata byaaaar aja oke , lalu saya minta ongkos servis TV dan spareparts seratus lima puluh ribu aja bagaimana……..ini saya kerjakan hanya kurang lebih 2 jam .

Demikian pengalaman saya , untuk lebih lengkap lihat juga di servisetv.com semoga bermanfaat .

semoga bermanfaat .


TV cina gambar kurang penuh kiri kanan atas bawah

Elco tv cina sering rusak.

oleh : mahdar

Untuk servis tv china sering sekali saya menjumpai elco yang rusak , terutama bagian sekunder power supplay biasa nya elco yang tegangan tinggi missal nya 160 volt atau 250 volt juga IC vertical nya mungkin karena heat sink nya dipakai untuk IC vertical dan power horizontal

Tanda IC vertical rusak jikalau resistornya putus atau terbakar pasti IC vertical nya rusak kemung kinan tegangan Vcc 24 volt nya melebihi dari 24 volt .

Untuk gambar seperti tv lawas warnanya keluar atau gost itu biasanya rusak elco yang 250 volt nya yang kejalur katode CRT ( RGB ) dan banyak lagi masalah –masalah kerusakan tv buatan china itu .yaitu transistor horizontal , capasitor yang tegangannya tinggi 2KV

Yang penting anda harus teliti dan tidak gampang menyerah , ikuti terus artikel – ertikel lain nya di cara servis tv dari saya untuk anda , beri tahu teman bila ini bermanfaat. Tuggu ebook nya yang belum selesai . untuk melengkapi artikel ini anda boleh tulis komentar mengenai kekurangan artikel ini . lihat juga artikel saya yang lebih lengkap di servisetv.com

Semoga bermanfaat .

 


gambar TV gelap kadang terang

Gambar tv gelap terang.

oleh : mahdar

Selamat sukses .
ada beberapa komentar mengenai TV  gambar nya kadang gelap waktu pemula di hidupkan ,jelang 1-5 menit kadang nyala sendiri , kadang 2 harus digoyang-goyang dulu TV nya baru nyala lagi , itu sih gampang kawan…. begini cara nya

Buka tutup belakang nya , hati2 pelan-pelan setelah terbuka lihat dibelakang tabung atau layar ada PCB kecil atau sasis kecil nama nya soket CRT , lalu panas kan solder , siapkan timah solder .

solder ulang PCB tersebut terutama kaki soketnya yaitu kaki HEATER nya atau filamennya yang ada angka dari 1 sampai 9 atau 7, biasanya solderannya kering / retak.setelah itu tes TV tersebut dalam keadaan terbuka kalo udah nyala coba diketuk-ketuk pelan-pelan PCB nya kalo ga mati lagi atau gelap berarti sudah oke . tutup kembali belakang TV tersebut . jadi deh…..gampang kan…? he..he….he lengkapnya lihat di servisetv.com

udah dulu yah , bila kawan2 ada masalah dengan TV boleh kirim komentar insya ALLAH saya jawab , tolong kasih tau sama yang lain , biar ilmu saya ini terbagi dengan yang lain , jangan lupa isi komentar anda .

semoga ada manfaat nya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.