TV mati total , lampu led mati

TV mati total , lampu led mati

oleh : mahdar

kemarin saya baru dapat order lagi , tv cina mati total tapi lampu led nya pun mati .

setelah aku buka tutup belakangnya ternyata sekring nya putus , aku ganti fuse nya . sebelum aku hidupkan aku cek kembali power supply nya ternyata ga ada yang short .

tv mati total

tv mati total

lantas aku coba hidupkan ternyata masih mati juga , lampu led ga nyala , tapi sekring ga putus lagi . aku cek power supply nya okeh…….110 v nya ga short , aku pastikan horizontal oke……l

lantas aku menuju ke tegangan 5 v nya yang menuju ke IC kontrol ternyata  memang short … aku ukur zener nya memang rusak , aku cut zenernya tetap masih short .

aku coba buka kaki vcc  IC kontrol nya ternyata ga short ……. aku punya kesimpulan bahwa IC kontrol nya yang rusak .

aku ganti IC kontrol nya juga zener 5 v nya ……. aku hidupkan alhamdulillah…….byarrr aja hidup . sebelum nya aku menduga IC memory nya juga ikut rusak , tapi aku ga kuatir karena aku udah punya copy an nya.

aku copy dengan alat copy IC memory yang saya punya . itulah gunanya seandainya IC memory nya rusak aku ga kuatir mencarinya.

aku test satu jam ga ada perubahan…..aku tutup kembali belakang nya .

ternyata gampang ya   ……. klo lagi mujur…

sampe disini dulu .

semoga bisa bermanfaat .

7 comments on “TV mati total , lampu led mati

  1. mas bro, ane punya Tv LG 29 inci di rumah type 29fu6RL. Problemnya kalau sdh hidup lebih kurang 2 menit, warna nya jadi tidak normal. Lebih dominan warna merah, sampai-sampai muka orang di layar kayak lebam kemerahan. Nah kalau dimatikan terus tunggu sampai 5 menit terus dihidupin lagi warna nya normal lagi dan berulang problem diatas. Mohon bantuannya mas terimakasih.

  2. bos sy punya tv lcd merk sanyo24″ model 24k50 tiba” mayi total kendalanya apa ya????

    ya awal nya periksa power supply dulu lah…lalu dilanjutkan ke rangkaian lain..

  3. Gan aq pnya tv digitec.tv hidup tau2 mati sendiri dan g mau nyala.lampu led standby jg mati.dan dbiarkan jama dia led idup.stlah dhdupin dia mati lage g mw hdup. Itu knpa gamm apa yg rusak.

    prks power supply nya gan..

  4. Bos numpang tanya..kalo ganti sendiri lampu LED TV Toshiba 29 inch kira2 ribet ga ya?trs beli dimana ya sparepartnya? TV saya baru 1tahun, lampu LED nya mati,jadi layar spt mati,kalo disenter baru kelihatan gambar..suara dll normal..

    lampu LED atau layar LED nih…kurang jelas yg dimaksud

Berikan Balasan

