cara servis tv

servis tv mati total

servis tv mati total

0leh : Mahdar.

Akhir-akhir ini  banyak pemula yang menanyakan cara servis tv mati total yang kelihatannya bingung memulai nya dari mana .. disini saya akan menerangkan mengenai tv cina mati total dengan kerusakan yang berasal dari power supply.

Sebelumnya  saya akan menerangkan cara kerja nya dulu … tentang cara kerja power supply tv cina yang sering banyak rusak ..lihat scema nya..

skema-regulator-tv-cina

skema-regulator-tv-cina

Rangkaian power supply tv cina ini adalah merupakan “ self oscilator “ yaitu transistor power V 513 bekerja sendiri dan membangkitkan osilasi sendiri . R 520 dan R 521 sebagai penyulut atau start-up untuk memberikan tegangan bias unuk hidup sementara .

Setelah itu R519 dan C514 memberikan tegangan umpan balik dari colektor TR  V 513 sehingga TR V 513 hidup dan menimbulkan osilasi .  Transistor C 3807 adalah sebagai driver atau pengontrol dan transistor A 1015 sebagai error detector mendapatkan umpan balik dari trafo sekunder melalui OPTO COUPLER .

R 502 merupakan pembatas arus pada saat tv di on atau dihidupkan elco besar C 506 dalam keadaan kosong , hal itu dapat menyedot arus yang sangat tinggi dalam start awal . juga melindungi diode bridge dari kerusakan . resistor tersebut sekarang sudah diganti yang berbentuk NTC dengan nilai 20-30 ohm ( warna hitam )

R 525 dan C 516 adalah rangkaian snuber . Zener VD 515 dan diode VD 518 serta resistor R 523 merupakan rangkaian protektor over voltage .

Bila tegangan B+ naik maka tegangan pada pibn 1 trafo switching  juga ikut naik dengan membatasi tegangan pada pin 1 ini dengan zener diode maka tegangan B+ yang over dapat dibatasi .

Untuk keperluan komponen tv cina ini kami sudah sediakan.. silahkan mampir di tokokomponenelektronik.com  jakarta   kami siap membantu Anda…beli grosir akan mendapatkan harga khusus.

Mungkin ini sekelumit pengalaman yang saya alami dalam servis tv mati total .

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s