cara servis remote TV dan AC

Cara servis remote TV / AC.

oleh : mahdar

Remote  tv paling banyak sekali rusak , apalagi bila anda punya anak kecil , sering terjatuh , kebanting , kena air , lembab  dsb.

Untuk itu  anda jangan langsung  beli remote baru , coba dulu perbaiki , mungkin hanya lembab kena air atau terjatuh.

Modal nya hanya obeng kecil , kwas , tener , timah solder dan solder 40 watt

Yup kita mulai….

buka casing remote TV dengan obeng kecil keluarkan isinya cuci / bersihkan dengan kwas dan tener pcb dan karet-karetnya . keringkan pakai pengering rambut atau jemur , pasang pcb dan karet –karetnya   pasang batreynya  coba aktifkan.. bila sudah dibersihkan masih juga belum aktif , coba solder ulang semua kaki  komponen tersebut sampai dengan kaki IC nya . awas hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang bergabung . nah coba lagi deh…..

biasanya langka 1 dan 2 ini sudah bisa aktif , bila belum juga periksa jalur , mungkin ada jalur yang putus biasa nya  hubungan antara batrey dan pcb atau pcb pecah coba periksa  dengan teliti . bila tidak ada yang putus coba anda periksa infra red nya atau x’tal 455 nyabiasa nya ini sering rusak  atau  kaki nya putus , soldernya  terlepas .

kalau  4 langkah ini masih juga belum aktif ?  terakhir IC nya . jikalau  IC nya yang  rusak , lebih baik anda ganti saja remote TV yang baru ….. jangan lupa lihat juga web yang lain lebih lengkap di servisetv.com

semoga bermanfaat ..

About these ads

8 Komentar on “cara servis remote TV dan AC”

  1. Fidelis mengatakan:

    saya punya remote untuk MP3, remot saya bekerja secara normla, kecuali 3 tombol, yaitu vol up, vol down, dan eq, klo saya cek di kristal, smua tombol saat saya tekan ada tegangan di kaki kristal, termasuk 3 tombol tersebut, tapi klo pas di tes pake kamera hp, infrared tidak menyala pada saat ketiga tombol tersebut di tekan, tetapi klo tombol yg lain nyala, itu knp ya ?

    • servistvku mengatakan:

      xtal hanya pembangkit agar ic remote tersebut aktiv, tapi kaki ketiga tombol tsb tidak mendapatkan respon coba cek kaki ic , solder ulang kaki ic tersebut dan periksa sampai kejalur tombol coba dulu deh.

  2. Fidelis mengatakan:

    oh iya, saya sudah coba bersihkan semua jalur pcb dan pada tombol maupun pcb sudah saya coba tambal pakai pensil, semua jalur pun sudah saya cek tidak ada yg putus, thx

  3. rully mengatakan:

    kalo remote yang pcb nya kena cairan baterai apa masih bisa diperbaiki?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.