electronika tv

TV polytron mati total standby

Servis TV Politron mati.

oleh : mahdar

Cara perbaiki tv untuk tv politron sering sekali saya mendapatkan  tv politron dengan kerusakan mati standby . setelah saya periksa  komponen dan rangkaian nya baik tapi tidak mau hidup .  lalu saya periksa tegangan yang menuju ke oscillator horizontal ternyata  setelah di on tv tersebut  biasa  sekitar 6 sampai 7 volt  tapi ini malah  turun sampai 4volt ya…. Jadi tidak bisa hidup sebab kurang dari 6 volt  mungkin juga arusnya kurang dari semestinya .

Bagaimana cara mengakalinya ….? Elconya saya sudah ganti tapi belum juga naik tegangan nya . lalu saya ambil saja IC  8 volt yaitu 7808  ,  lalu saya ambil kaki input IC tersebut saya hubungkan  ke power suply tegangan  12 volt atau lebih dan kaki output nya saya hubungkan kekaki IC oscillator horizontal ( hor vcc ) yang sebelumnya  sudah saya putuskan  jalurnya  .

Terus saya on kan lagi tv tersebut ternyata tegangan yang ada sekarang tetap tidak turun  sekitar 6 sampai 7 volt . maka hiduplah tv tersebut  .

Ini lah pengalaman  saya  untuk servis tv politron yang sering saya  dapatkan  kerusakan  tv politron  mati stanby .

Adakah pengalaman anda…… ? tulis dikolom komentar . untuk lebih lengkapnya lihat juga websiteku di servisetv.com

Semoga bermanfaat .

 

115 komentar di “TV polytron mati total standby

    • coba anda putar sedikit screen G2 apa kejadian nya , bila strip ada kemungkinan rangkaian horizontal tidak bekerja , ata u IC driver tidak mendapat teg VCC 12 volt . coba periksa IC prosessor dan rangkaiannya .semoga berhasil

  1. askum, pak Mhon bantuaannnya niichh…TV digitec stanby teruss..tegangan B+ normal 115 V, elco 10 uF/ 100 v, dah diganti ama elco 47 uf / 100 v, tegangan yg ke trafo IT horizontal droup, R nya dh diganti, trafo nya dah coba diganti, transistor kecil yg menswicth trafo IT nya bagus, TR horizontal bagus, tapi teg ke trafo IT masih droup n tv stanby, R yg menuju ke trafo IT panas, kira” yg rusak apanya ya pak?

  2. Asswrwb…mohon bantuannya guru, tv polytron sya type ps 52 uv60 RM, SN AA02755/D 9 penyakitnya tegangan 115v ngedrop terus jika dipasang playbeck, klo dicabut playbeck tg 115 normal, tg tinggi dari playbeck ga keluar…trus c 6090 bg horizontal sudah diganti. kira2 dimana yah yg ruksak mohon bantuannya

    • coba anda tes teg power suply dengan bohlam 100 watt . tegangan nya turun ga , klo turun power suply bermasalah. klo tetap masalah ada di horizontal dan lainnya .

  3. ass.pak saya mau tanya bagaimana memperbaiki tv sharp mati total.saya sudah coba
    ganti ic regilator,tapi belum menyala juga.?

    • coba periksa 300 volt nya . biasa ada resistor yang tinggi ohm nya sekitar 150 k- 330 k itu suka rusak .jangan kemana-mana dulu periksa aja yang teliti , sebelum teg keluaran nya ada . makasih

  4. tv polytron BB 21″ mati total ,,lepas tr hor da FBT B+ 30v tegangan yg lain jg drop kira2 2v -3v saja coba lepas semua beban dt trafo sekunder masih tetep kecuali pas lepas yg 14v B+ langsung bisa naik ditelusuri jalur 14v ini jg menuju ke optocoupler kira2 apanya ya pak?

    • berarti kerusakan masih pada power suplay . jangan coba2 lepas teg yang menuju opto coupler teg bisa tinggi , kadang bisa rusak transistor PS nya karena PS tidak ter control .

  5. ass. . . .PAK
    sy sdng serv tv polytro minimax, kerusakan tvnya jika d on-kan tv start tp langsung mati standby, dihidupkn lg pakai remot maupun tombol panel tak ada respon, ic vert, elko protek, elco 10/63v pd driver horijontal, jg da d ganti, kira2 apa lg yg perlu d cek ya

  6. di pusingkan oleh tv polytron MX51323 kasusnya standby.. memang betul 14v 50v 115v dan 5v pun ngedrop tapi saat pertama colok normal voltace….tidak bisa protec…cari di internet Suruh ganti D522/IN4002, C407/47uf 50v,R807/82k,C507/63v47uf, sudah baru semua tapi hasile nihil. cuman ada kejanggal pada bagian RGB R635 gosong tapi nilainya tak tau R tersebut tersambung pada tegangan 250v ke ic STV5111..apa icnya..tak coba ic nya STV5111 baru juga no respond…halah halah mumet…belom ketemu solusinya yang di pertanyakan R635 yang gosong berapa nilainya ??? tak utak atik juga no respond tegangan drop gak mau ngangkat….pusing tenan iki…ada yang tau gak…sob elektronik…

  7. pak saya mau tanya .. tv polytron saya klo saya hidupkan lagsung jeglek,,setelah saya cek transistor fs7um ternyata soot berserta dioda zener didekatnya, setelah saya ganti udah gak jeglek lagi tetapi kox tvnya blom nyala juga,mohon solusinya

  8. ass”tv sya polytron pn52uv62….,tombol tak brpungsi sma skali,tr1023 dah dgnti brkut elco yg yg d dkat tmbolny,tp msh tk brpngsi,ap mslahny&mnta solusiny(mksih sblomny)

  9. mau tanya pak,tv polytron 123 subwoofer teg.drop b+jd 50vuntk 50v jd25v, 14v jd7v,, untuk 5v dan 8v jd 1v,,dan lmpu indikator cm kedip2 dgn nyl redup sekali,,peergantian smw elco out put, pernah tk cb dgn gacun teg bs masuk b+,50v,audio, normal namun untuk 14v turun jd 8v dan lmpu indiktr mlh gk mw nyala.,,,mungkin ada solosinya pak.trima kasih

  10. assalamualaikum,,mau tanya tv polytron tipe mx5267 gambar menyempit vertikal kemudian lampu standbay mati terus tv pun jadi hitam putih tv pun mati kira kira apanya ya?mohon dengan petunjuk gambar bloknya trimksh

  11. Mau tanya pak
    Tv sya polytron led mati total
    Kira kira masalahnya dimana waktu itu arus listrik nya tidak stabil,habis itu tv nya langsung mati total.

  12. maaf ganggu, saya punya tv polytron 29″ U-Slim’ keluhannya gambar ato layarnya cuma nyala separo kebawah. trus solusinya gimana n apa yg perlu diganti tlng kasih keterangan alat apa n typenya.
    trima kasih sebelumnya saya ucapkan atas pemberitauanya

  13. ass,maaf ak mo tanya tv ak mati total tadinya hanya masalah goyang dikit layar buram,di cek ganti elco ok pas 1 hari kambuh lagi ak coba lagi,malah mati total gara2 konslet fuse putus ak ganti yg sama pe skrng blm hidup mati total tlng solusinya

  14. mas saya muksin saya mengalaimi kesulitan tv politron mulanya di nyalaan hidup sebentar terus mati lalu saya cabut semua tinggal mesinya aja terus saya coba mesin aja bunyi kretek terus mati saya coba lagi degan tabung malah mati tidak on lagi apa ya yg rusak elko dan transistor peguat str c1815 udah saya ganti master tolong kasih apa kerusaakanya swn?

    • ya memang klo ga dikasih beban hidup ya mati lagi , tapi sekarang klo mati berarti ada yang rusak karena dihidup ga pake beban gan….periksa rangkaian horiz dan power suply nya ….gan

  15. asss.. lam kenal gan ane mau nanya ane ada kesulitan ama tv politron slim tv gak mau star disertai suara ngiiikkk . kalo yg satunya led kedip-kedip suara cekuk….cekuk….. mohon pencerahan gan

  16. Pak sy punya tv polytron L-sidi, tiap tekan tmbol on yg d.samping, bunyi spt koslet tanpa gambar. apa yg rusak dan bgmana cra perbaikix?

      • pak bos saya mau nanyak tentang tv polytron saya sudah pusing kok gak hidup sama sekali tr power bagus dirang kaiyan power supli semua baik saja tapi tegangan tidak ada sedikitpun kira kira apanya pak mohon pak bantuanya.

        masih dalam power supply nya gan….mungkin res yang tahanan nya tinggi miss 330 k

  17. mas mau tanya, Digitec Ninja DN200TS, IC STV2286C dan HBM00-01, kerusakanya : layar gelap, kalau screen diputar layar putih dengan garis garis, tombol menu dll tidak berfungsi, semua tegangan normal, 115 v, 185v, 50v, 14v, -14v, 8v, 5v, kemungkinan apanya ya mas ? dan bagaimana cara pengecekannya ?, terima kasih

    IC control tidak fungsi gan… periksa reset dan xtal nya

  18. MET KENAL GAN, SY PUNYA TV POLYTRON , DIHIDUPKAN 1 MENIT MATI LAGI, SETELAH SY AMATI PADA SAAT HIDUP GAMBAR ADA WARNA BIRU TP TULISAN POLYTRON MELEBAR KEKIRI DAN KEKANAN SETELAH ITU MATI GAK LAMA HIDUP LAGI CUMAN 1 MENIT
    KIRA2 APANYA YA GAN TEGANGAN SEMUA NORMAL PADASSAT MATI DAN HIDUP SAMA
    MAKASI SEBELUMNYA

    coba periksa copel di col tr horizontal…

  19. pak saya lagi coba sering disini alias pendatang baru jadi saya gak tau ini bisa yampe sama temem semua apa engga .walaupun demikian saya coba perkenalkan diri saya nama MHD Rafiq/ alamat perdagangan / kabupaten simalungun /SUMUT. demikianlah dari saya tolong di bales ya temen2 agar saya tau kalau imail saya bisa terbaca oleh temen 2 semua.

    ok nyampe gan..

  20. mas lam kenal.saya ada masalah tv polytron uslim ps 52uv03,matitotal tr fet selalu putus.gimana naggulangi nya.

    periksa gate nya gan …..mungkin bermasalah

  21. gan….maaf mau tanyu…..tv polytron ps52uv03…restart terus udah tak ganti c 404 bagian vert sama ic vert msh gk mau start,,,,,kira kira pnyebab lain apa gan?????????

    klo ga mau start berarti standbay dong….mungkin masih ada masalah lain lihat artikel ku tv mati standby

  22. ass pak,mohon penjelasanya,ku pnya tv polytron jadul 14″ GM 14861,yang kadang2 bs nyala kadang2 tdk dan ada suara trek2 seolah2 tdk naik tegangan,bagian manakah yg rusak? mohon solusinya,mksih sblmnya…

    biasa teg power supply tinggi periksa dulu deh.

  23. ass gan saya pemula d servis tv , kebetulan kemarin dapet servisan tv politron 29″ uslim dengan kerusakan hidup bentar trus protek. saya buka trus saya coba solder lagi di kaki komponen2 yg kendor. begitu saya coba hidupkan yg tampak di layar hanya garis2 putih datar.tapi masih juga protek . kira2 yg rusak apany gan trima kasih sebelumnya

    coba periksa rangkaian kontrol nya mas….mungkin ga reset..

  24. ass bos
    ini saya baru pemula,tv polytron type 5123 klu dihidupkan udah gx nyala disertai suara ngiiiiiingggg.trus lampu tabungnya juga gx hidup kira kira apanya ya bosss,wes pusingggg tenan ini

    coba baca2 artikel ku banyak tv mati total.trims

  25. mo curhat gan..Ane py tv polytron LED 32 Inch py penyakit ad suara tp g ad gambar alias ngeblank..mhn bntuanya..tks

    coba periksa teg inverternya mas…

  26. Assl mr ane mo tanya klau tv polytron U slim nyala tp gambar pelangi tipis jg tdk penuh,,kira2 apanya yg problem,,wassl

    pelangi seperti apa gan… apa flek kena magnit ? coba geser2 aja gan tv nya , klo tidak penuh periksa rangkaian vertikal nya biasa elco 47uf/50 volt gan….

  27. mohon bantuannya mas, untuk tvpolytron ps 52UV03 gabarnya hanya separo utuh kebawah tidak terpotong, yang separoh atas hitam, kira2 bag mana ya yang rusak? apa datanya ada yang salah? sudah saya reset tapi tetap saja. terimakasih banyak sebelumnya mas atas infonya

    ini tv berapa ins ya gan …aku lupa ..apa tv projektor? kasih info..

  28. TV polytron u-slim 29 Inch bergambar pelangi ,cara mengatasinya bagaimana mas ??

    ada warna pelangi ada kemungkinan crt atau kemasukan magnit , klo crt biasanya bekas jatuh atau kepentog itu tidak bisa diperbaiki , klo kena magnit hilang kan dengan gousing penarik magnit.

  29. mas saya punya tv plitron mx series. kemaren rusak di c hor 15n 1600v. pada waktu periksa saya lupa pasang elco b+ sekarang regulator jadi jebol. kalau dinyalain fuse putus terus. apanya ya. terimakasih

    yah biasa begitu . coba periksa diode brigh atau masih ada masalah tr /IC out di ps . periksa lagi..

  30. Ass…mas tvku polytron diva xbr sebelumnya pernah rusak (standby susah star) sudah diperbaiki dan nyala lagi tapi kali ini stanby ga bisa nyala…apanya ya mas? Sblumnya terima kasih

    coba periksa power suply nya , lanjutkan dengan prks rangkaian horizontal dan rangkaian control..

  31. Mas mau tny biasany slain tr K7A65D yg jebol aplg ya…. di TV led politron 24″ …pdhl tr sdh sy gnti baru to ko…ttp mati total.

    belum pernah dapat….gan biasa klo tr rusak periksa beban dan inputnya bisa juga dari kesalahan lain.

    • Sya juga nih… Baru aja mati, indikasi tr K7A65D jebol, belinya dimana yah?
      Boleh minta infonya di 087739054852
      Makasih.

      kurang tau mas ..ga sama persis juga ga apa2 yg penting amper nya mas..

  32. mas mo nanya nih tv saya polytron u slim type ps52uv53mw tidak bisa cari siaran/chanel setelh saya reset pke kode 3101. mohom bantuannya mas untuk settingn parameter nya.

    sekian dn terima kasih

    wah..saya belum pernah dapat kasus seperti ini gan…jadi saya ga bisa kasih komentar .paling ujung2nya ganti IC mmemory beli di politron yang udah ada datanya.

  33. TV Polytron 21 inch tipe mx-20323, transistor power supplynya mati, yang jadi permasalahan kode dari transistor dak bisa dibaca, tolong berikan penjelasan tentang kode transistor tersebut

    klo pendapat saya sih ..saya jarang sekali ganti transistor ps atau horiz yang sama persis tapi kita contoh aja yang power suply yang lain yang penting sama ukuran layar nya ..lebih besar layarnya lebih besar juga ampernya..klo kode transistornya aku ga hapal gan…

  34. Salam kenal Pak
    TV Potytron LED type PDL 32T600 suara ada gambar tidak ada,problem nya apa yah..?
    Mohon penjelasannya

    coba periksa mulai dari inverter nya dulu..

  35. Numpang tanya mas..tv saya polytron 29′ lampu led hidup tp layar blank..ketika ditekan tombol menu pada tv dilayar seperti warna pelangi sebentar lalu hilang,ttpi lampu led tetap hidup..kira2 rusaknya dimana ya mas..

    coba periksa teg yang masuk ke IC prosesor nya…suara nya gimana..

  36. ada tv polytron minimax hanya 3 detik stanby,sdh di ganti semua elko2 msh ttp stanby, tp klu begitu sy masukkan pada menu servis,tvX hidup,kira2 ap itu mas?

    coba periksa blok horizontal nya mungkin ada komponen yang short…

  37. sy mau nanya gan tv led stanby ga mau nyala teg 5v ada 12v juga ada kira2 apanya ya gan?trims atas jwban nya

    periksa di mbord nya rangkaian IC control.

  38. Saya pernah mereprasi tv merek cina yang gambarnya gelap, dilayar samasekali tidak ada gambar atau cahaya …mohon sarannya pak..terima kasi. Sebelumnya.

    periksa ps nya dulu kemudian rangkaian horizontal…lihat artikel saya banyak sudah yg dibahas..

  39. TV LED Polytron 32” saya gambarnya cenderung buram(keputih-putihan), sudah saya coba setting di menu picture (Kontras, kecerahan, dll) tetap tidak berubah. Dan satu lagi, pas nyala pertama kali ada garis vertical dibeberapa tempat. Mohon pencerahannya Gan. Terimakasih

    coba di lvds nya gan..soket atau konek nya kelihatan nya kerusakan ada di mb nya..

  40. mau nanya tv polytron ps52uv03 gambarnya jadi trepesium alis atas dan bawah ketarik kekiri/kekanan. defleksi sudah dicek ok. kira2 masalahnya ada dimana tolong penjelasanya

    coba periksa pin cussion nya gan…suply nya gimana..

  41. bos tv saya polytron l’sidi ps 52uv212 ada suara tidak ada gambar gelap,saya coba servise sendiri,saya solder bagian yang kelihatan pada retak,saya coba nyalakan kembali alhasil layar kebuka warna biru ada tulisan polytron,oke deh berhasil penyakit sembuh.kemudian saya tutup kembali cover belakangnya.kemudian saya test lagi menggunakan antena ditempat tv semula,,saya nyalakan zlep ada suara tidak ada gambar lagi wah masih error nih,,saya coba beberapa kali dinyalakan tetap gak ada perubahan,saya coba matikan power lewat remot tv,eh malah lampu standbye kedap kedip trus gak bisa dinyalakan kembali,,saya bongkar lagi tv nya dan saya solder kembali pin palyback sama RGB karena masih ada yang retak,,saya test kembali lampu standbye masih kedap kedip trus layar kebuka putih terang gak sampai full mati lagi begitu setrusnya berbarengan dengan lampu standbye kedap kedip,,,hahaha,,kaya lampu sen motor aja kanan kiri kedip berbarengan,,trus disekitar playback ada bunyi suara tik tik tik berbarengan dengan kedipan lampu standbye,,belum sempet saya periksa lagi karena saya keburu ngantuk berat,,penyakitnya apa ya bos saya udah pusing,maklum lagi belajar betulin tv sendiri,,mohon pencerahannya ya bos,,makasih

    coba controlnya ..gan

  42. Gan polytron cristaline star ada pelangi lalu standby trs perlu dikorek apanya gan? B+ normal 180 ada,dh gnti vertikal dn elco2nya.tp tetep sama aja

    power supply nya ga ketinggian tuh…gan ?

  43. Kenapa tv politron tipe mx14m saat power staby d on kan lngsung ngejepret apanya nyungkeun infona kang

    coba pakai start up atao serie dgn res 15 ohm / 20 watt input AC nya…gan

  44. Tv led saya ada bermasalah kalu watu stinbai terus tkan on ga bisa yala dan lamp pewer tidak terang kalau lampu pewer ya terang saya tekan on hidup..tipe ya polytron cinemax

    periksa elco2 dipower suply biasa 5 volt nya bermasalah..

  45. mas kalo tv polytron maalah ny gk masuk arus sama sekali , dmna y mass..
    mksi..

    mungkin fuse putus atau swith rusak..periksa power suply deh..

  46. Assalamualaikum….mohon petunjuk.tv polytron saya tipenya..PLD32T700..masaalahnya tvnya susah dihidupkan.tombol on/off nya harus sering ditekan dan lama lama baru hidup tvnya..sedangkan lampu standby nya mati dan selalu mati on/off..mohon pencerahannya agar saya bisa memperbaiki tvnya agar kembali normal..trmks sebelumnya.

  47. gan mau tanya tentang tv lcd plolitron type plm24t33 lampu stanbaynya menyala tpi tv nya ga bsa hidup..apa aja yg harus saya cek ya ..mohon bantuannya gan

  48. Gan mau tanya, polytron led 32″ mati total kemungkinan tersambar petir soalnya pkek tv kabel pas da petir langsung mati, itu masih bs d perbaiki n apanya biasanya gan.. mksih sblumny n mhon pncerahannya

    klo memang benar kena petir ga usah di betulkan..biaya lebih besar reparasinya…coba barangkali cuma power suply nya aja …periksa deh..

  49. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya pak.
    TV POLYTRON DIVA TYPE = PS 52SV60 Habis kena petir.
    Kerusakan stanby. Di start cuma kedib kedib aja.
    2 Elco 1uf/50v di ic vertical sudah saya ganti. 2 elco 470uf/50v saya ganti.
    Elco 100uf/160v juga sudah saya ganti.
    Tp ttp protek.
    Mohon bimbingannya pak.

Tinggalkan komentar