electronika tv

gambar TV bergaris-garis putih tipis

Kerusakan tv gambar ada garis-garis .

Oleh : mahdar

Semalam aku terima tv kerusakannya ada gambar  tapi ada garis-garis putih tipis dan lagi warnanya keluar dari gambarnya misalnya  muka orang ada bayangan warna .

Aku buka tutup belakangnya cek tegangan bagus  , lantas aku cek tegangan  di RGB rupanya ada kelainan , padahal aku sudah kecilkan screen  di FBT masih juga ada garis-garis seperti buku .

Aku perhatikan elco yang menuju ke RGB kelihatan nya udah kering malah pembungkusnya udah terkelupas . langsung aja aku coba cabut ternyata memang udah melembung , aku ganti langsung elconya  22 uf / 160 volt . langsung aja tokcer…..

Yah…Alhamdulillah aku dapat tv rusak nya ga berat-berat..

Demikian agar anda pemula dapat mengikuti terus artikel cara perbaiki tv .

Semoga bermanfaat……aku udah dapat lagi ni tv goldstar mati standby klo udah ketemu aku akan buat lagi artikelnya besok .

10 komentar di “gambar TV bergaris-garis putih tipis

  1. gan maaf newby mau nanya gmn kalo sdh diganti semua elco namun tetap gambar redup dan warna kabur (mblobor),makasih gan.

  2. gan tv polytron 14″ gambar garis garis tipis sebelumx sih garisx dak mau hilang n udah diganti elco msih tetap ada tapi waktu berapa menit dah normal

    grid 2 nya diturunin gan…sedikit

  3. tv saya lg RD-14CC20M ada suara tapi gambar lurus d tengah,apax yg rusak? makasih

    maksudnya ada garis lurus kali…dari kiri ke kanan atau atas kebawah bro…klo dari kiri kekanan periksa bagian vertikal , klo dari atas ke bawah periksa bagian horizontal nya…

  4. maaf gan kalo tivi polytron di atas nya ada garis putih cara memperbaikinya gimana gan??
    makasih sebelum nya

    ganti elco nya gan…di bagian vertikal biasa 47/50 v coba deh…

  5. Ga mau tanya klo tv saya Samsung LCD 32 inch bergaris garis putih , klo dinaikin volume atau disambungin ke home theater pake HDMI bertambah parah . Apakah itu elconya jg yg kena dan pake elco seri brp misalnya mau diganti..thx Gan.

    coba turunkan G2 nya gan..

  6. Gan maf mau tanya …tv samsung q tdinya ada garis brwarna dbaigan atas(jgka wktu lama) trus mkin kbwah tp dbgian atasnya ad gris hlus berwrna putih..td lg nonton trus mati lampu tvnya g idup lg..it hrus dservis ya???

    biasa IC vertikal nya rusak coba ganti deh..jangan lupa ganti juga elco 47/50v nya…

Tinggalkan komentar